Kembangkan Jiwa Entrepreneur Sejak Dini

SD Mica – SD Muhammadiyah 1 Candi Labschool Umsida memiliki program Pengembangan Bakat Anak (PBA) salah satunya adalah PBA Entrepreneur. Program ini bertujuan untuk memberikan bekal kewirausahaan sejak dini bagi anak-anak.

Kegiatan PBA Entrepreneur ini biasanya mencakup pembelajaran langsung, permainan simulasi, dan pelatihan keterampilan yang mendorong kreativitas dan inovasi siswa. Melalui program ini, anak-anak diajarkan untuk memunculkan berbagai ide kreatif, inovatif, dan kritis dalam melihat peluang untuk memulai usaha. Mereka dapat mengembangkan ide bisnisnya sendiri dan mengimplementasikannya hingga menjadi produk yang siap dipasarkan.

Salah satu siswa yang menunjukkan ketertarikan positif terhadap jiwa berwirausaha adalah ananda Nasyaila Azzahra Ardiansyah. ananda sudah memiliki usaha berjualan gelang dan cincin dari manik-manik. “Dulu kelas 1 pernah membuat kerajinan gelang, kalung, cincin dari manik-manik, terus mulai memiliki keinginan berjualan dari kelas 3, tapi baru mulai jualan kelas 4,” ujar ananda.

Dengan berwirausaha, ananda dapat menambah uang sakunya. Dalam satu hari, ananda pernah mendapatkan keuntungan sebesar 50.000 rupiah dengan menjual gelang dan cincin tersebut. Pembina PBA Entrepreneur, Qurnia A’yuni, mengatakan bahwa anak-anak sangat antusias saat mengikuti PBA Entrepreneur, terutama pada saat praktik berjualan.

PBA Entrepreneur ini diikuti oleh siswa kelas 3 hingga 5. Ide-ide usaha yang mereka miliki beragam, dan ide-ide tersebut akan dikembangkan dan dibantu untuk diubah menjadi bentuk nyata. Hal ini merupakan kesempatan bagi siswa untuk menguji keterampilan mereka dan mendapatkan pengalaman berharga.

Program PBA Entrepreneur di SD Mica merupakan contoh yang baik dalam menumbuhkan jiwa entrepreneur pada anak sejak dini. Hal ini diharapkan dapat membantu mereka untuk menjadi generasi yang kreatif, inovatif, dan mandiri di masa depan.

Penulis : Alvy Nindyatama Juang P.K. || Editor : Moh. Rizqi Hidayat

Leave a Reply