Sejarah

SEJARAH SINGKAT SD MUHAMMADIYAH 1 CANDI LABSCHOOL UMSIDA

SD Muhammadiyah 1 Candi Labschool Umsida merupakan sekolah swasta islam yang berbasis Inklusi. SD Muhammadiyah 1 Candi Labschool Umsida atau biasa disebut dengan SD Mica terletak di Jalan Rawu Jambe, Desa Sidodadi, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Mengusung visi “Menjadi sekolah inklusi yang unggul dan berkarakter dalam penyiapan calon pemimpin berdasarkan nilai-nilai islam” menjadikan SD Muhammadiyah 1 Candi sekolah yang ramah anak.

Awal mula berdirinya SD Mica tercetus karena adanya cita-cita warga Ranting Muhammadiyah Sidodadi yang menginginkan adanya sekolah di Kecamatan Candi. Cita-cita yang telah ada sejak tiga tahun sebelum berdirinya SD Mica tersebut disampaikan kepada para tokoh muhammadiyah untuk mendapatkan dukungan, namun karena adanya beberapa hambatan, cita-cita tersebut urung untuk direalisasikan. Selang tiga tahun, warga Muhammadiyah dibantu Majelis Dikdasmen PCM Candi membulatkan tekad untuk merealisasikan pendirian SD Muhammadiyah. Wilayah yang potensial dan tujuan untuk membuat Amal Usaha Muhammadiyah di wilayah Candi menjadi pegangan utama bagi elemen masyarakat Muhammadiyah dalam mewujudkan pendirian sekolah.

SD Mica awalnya hanya memiliki sepetak tanah dengan luas 8 x 10 meter yang dibeli oleh warga Muhammadiyah dan sebagian lainnya merupakan hibah dari warga Sidodadi. Karena dirasa kurang dengan luas tanah tersebut, maka tim pendiri beriktiar untuk mencari bantuan dengan dibantu oleh sekolah Muhammadiyah beserta tokoh – tokoh di wilayah Sidoarjo guna pembangunan gedung sekolah.

Dari hasil tersebut terkumpul dana sebesar 300 juta, akan tetapi dana tersebut belum mencukupi untuk membangun keseluruhan sekolah. Kemudian pendirian sekolah menemukan titik terang ketika ada warga yang menjual tanahnya, sehingga tim pendiri memutuskan untuk membeli tanah tersebut guna perluasan sekolah.

Tidak cukup sampai disitu, tim pendiri mencoba mencari solusi atas kekurangan dana dengan menemui tokoh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, Dr. Drs. Moh. Sulton Amien, M.M. Beliau memberikan solusi untuk melakukan audiensi dengan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida). Dari hasil audiensi diperoleh kesepakatan bahwa Umsida bersedia membantu dengan catatan bahwa SD Muhammadiyah 1 Candi akan dijadikan Labschool Umsida, sebagai sarana belajar mahasiswa pendidikan dan psikologi. Kerja sama antara Umsida dan ranting Muhammadiyah Sidodadi akhirnya membuahkan hasil dengan diresmikannya SD Muhammadiyah 1 Candi Labschool Umsida pada tanggal 22 April 2018 di Jl. Rawu Jambe, Desa Sidodadi, Candi, Sidoarjo. Peresmian sekolah dibuka langsung oleh Dr. Drs. Moh. Sulton Amien, M.M. selaku pimpinan wilayah muhammadiyah Jawa Timur dengan disaksikan seluruh warga Ranting Muhammadiyah Sidodadi dan PCM Candi.

Tak cukup sampai disitu, perjuangan dalam mendirikan SD Mica memiliki banyak tantangan, salah satunya mencari peserta didik tahun ajaran 2018 – 2019. Saat itu guru dan karyawan totalnya hanya empat orang meliputi, Moh. Haidar Abdillah, S.Pd.I, M.Pd. selaku kepala sekolah, Sun’an Junaidi, S.T. selaku petugas TU, Nila Emaniarti, S.Pd. dan Ach. Zamroni Yahya, S.Pd. selaku guru. Lalu saat tahun ajaran baru dimulai terjadi pergantian guru lama, Nila Emaniarti, S.Pd. ke guru baru yakni Rr. Indah Prasetya S.Pd.

Tahun ajaran baru dimulai pada Bulan Juli, sehingga hanya memiliki waktu Mei hingga Juni untuk mencari peserta didik baru. Dimana saat itu masuk Bulan Ramadhan, sehingga banyak sekolah TK yang libur. Tak berputus asa, akhirnya didapat 10 peserta didik pada angkatan pertama. Berjalan sampai tahun ketiga, angkatan pertama bertambah menjadi 17 anak. Kemudian pada angkatan kedua dan ketiga mengalami peningkatan jumlah peserta didik menjadi 52 anak dan 56 anak. Sehingga total kelas menjadi 5 kelas dengan angkatan pertama satu kelas, angkatan kedua dua kelas dan angkatan ketiga dua kelas. Berbeda dengan SD Muhammadiyah lainnya, status manajemen SD Mica mengikuti Umsida dengan bentuk kerja sama mengikat. Dalam kegiatan belajar mengajar, SD Mica menggunakan pendekatan student center dengan metode pembelajaran yang menyenangkan tidak hanya berfokus pada buku teks serta menyesuaikan dengan kemampuan tiap peserta didik. Disisi lain, SD Mica ini merupakan sekolah inklusi yang siap memenuhi beragam kebutuhan belajar siswa. SD Mica berkomitmen untuk mengembangkan potensi peserta didik melalui enam poin utama yang meliputi : (1) islamic studies (al-qur’an & al-hadits), (2) general studies (natural social and humanity), (3) international languages studies (arabic and english), (4) leadership character, (5) outdoor learning,dan (6) talent development. Enam poin tersebut membuktikan bahwa SD Muhammadiyah 1 Candi Labschool Umsida dipersiapkan sebagai sekolah percontohan nasional dengan kualitas pembelajaran yang unggul serta sarana belajar terlengkap.